Tentang Sablon Discharge Menggunakan Tinta Waterbase

Tidak bisa disangkal trend saat ini adalah sablon  discharge. Meskipun kurang mengetahui secara detail tentang sablon discharge, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh hasil super hand soft yaitu menggunakan tinta sablon discharge yang banyak tersedia di toko-toko tinta sablon. Proses sablon menggunakan tinta berbasis air/waterbase, hal tersebut akan menghasilkan reaksi kimia sehingga cabut warna kain. Hasil sablon discharge akan menghasilkan warna dasar kain yaitu warna putih atau mirip dengan warna asli bahan cotton sebelum di warnai dengan celup (dying). Toko-toko sps sablon menyediakan formula untuk beberapa aplikasi berbeda yang menjelaskan secara rinci berapa banyak base, berapa banyak pigmen, berapa persentase dari discharge dan lainnya yang digunakan.

Meskipun sudah banyak rekomendasi dari sps sablon, tetapi coba ubah parameter untuk uji coba menghasilkan kualitas yang terbaik. Berdasar pengalaman kebutuhan peralatan yang tepat untuk mencampur tinta maka belilah wadah kecil atau limbah botol dari bahan plastik. Dengan memanfaatkan limbah kita sudah membantu mengurangi pencemaran lingkungan yang mengakibatkan global warning. Gunakan pengencer untuk mencetak waterbase dan sablon discharge. Perhatikan setiap gesutan di atas screen, tidak perlu mengisi tinta dalam screen seperti yang biasa dilakukan pada saat mencetak plastisol. Mencetak waterbase atau sablon discharge hanya perlu sedikit, memungkinkan tinta menembus screen dan langsung berada di atas atau menyerap pada kain sehingga kecil kemungkinan pinggiran cetakan untuk kabur atau bocor.

Jika ingin segera menggesut tinta setelah gesutan cetak, masih ada sedikit tumpukan tinta di area cetak di screen ketika menunggu kaos berikut untuk di cetak. Tidak perlu membanjiri dahulu karena screen tanpa tinta yang basah pada daerah terbuka akan lebih cepat kering. Gerakan membanjiri seharusnya mengambang di atas permukaan tinta, meninggalkan suatu lapisan tinta tipis di seluruh permukaan cetak. Jangan tarik kelebihan tinta atau mendorong tinta ke area cetak.

Ingatlah bahwa sablon discharge tidak selalu segera nampak pada kaos warna gelap. Ini nampak seperti seseorang meletakkan sepotong bahan berbungkus bahan berwarna diatas lembaran kain. Cetakan nampak tembus pandang dan bisa melihat jelas menembusnya. Pengeringan tinta waterbase berbeda dengan proses yang lain. Tugas dari dryer pada tahap curing adalah memasak seluruh cairan agar keluar dari kain. Udara panas dari dryer juga mengaktifkan cairan discharge yang menjadikan bahan pewarna dari kain keluar dari serat-serat kain. Secara bersamaan reaksi sablon discharge menjadikan warna dari kain menjadi lebih terang dan uap air menguap. Hasil akhir dari seluruh usaha ini baru nampak sampai kain tercetak keluar dari dryer.

Penjelasan diatas menjadi isu khas terkait dengan pengendalian kualitas saablon discharge. Sebab hasil cetak lengkap tidak nampak hingga benar-benar kering, selalu dan selalu lakukan uji coba untuk menjadi lebih baik. Pembersihan tinta waterbase jauh lebih muah daripada cetak tinta biasa. Tinta waterbase dianggap lebih ramah lingkungan. Meskipun di anggap ramah lingkungan sebaiknya sisa tinta tidak di buang ke selokan atau ke sungai karena dapat menjadi pencemaran lingkungan.

 

Today : campuran tinta sablon discharge,harga tinta sablon discharge,cara sablon discharge,sablon discharge,tutorial sablon discharge,tinta sablon discharge,bahan sablon discharge,harga tinta discharge,teknik sablon discharge,cara sablon cabut warna,
This entry was posted in Umum and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.